Kuesioner
merupakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk menganalisa pasar ataupun mengolah data lain yang gunanya untuk memperoleh
pendapat dari responden (sampel) mengenai permasalahan yang sedang diteliti,
sehingga kuesioner dapat menghasilkan data pengamatan untuk pengolahan
data statistik. Merancang kuesioner secara online dapat dilakukan dengan
bantuan Google Docs yang memberikan kemudahan, serta dapat di-share ke social media dan dikirimkan ke email calon responden secara automatis, kemudian google akan mentabulasikan data responden tersebut.
Seperti contohnya admin WolesDonk yang menggunakan kuesioner untuk mengolah data tentang pengunjung tempat wisata Batu Night Spectacular di Kota Wisata Batu - Jawa Timur. Dan kuesioner tersebut sangat membantu banyak hal. Untuk itu langsung saja admin bagikan kepada Woles Man dan Woles Woman bagaimana caranya.
Berikut cara pembuatannya :
Tahap 1. Jika anda belum punya account google, maka buat account terlebih dahulu di -> gmail.com
Tahap 2. Masuk ke Google Docs -> docs.google.com
1. Pada pilihan “Create”, pilih “Form”
2. Lalu akan tampil form kosong
1. Pada pilihan “Create”, pilih “Form”
2. Lalu akan tampil form kosong
Tahap 3. Desain Awal
1. Buat tema kuesioner sesuai seleramu dengan kilk Toolbar “Theme…” atau secara automatis akan tampil.
2. Bagian Judul Kuesioner, masukkan judul kuesioner anda
3. Lalu pada bagian bawahnya, masukkan kata pengantar dari anda
1. Buat tema kuesioner sesuai seleramu dengan kilk Toolbar “Theme…” atau secara automatis akan tampil.
2. Bagian Judul Kuesioner, masukkan judul kuesioner anda
3. Lalu pada bagian bawahnya, masukkan kata pengantar dari anda
Tahap 4. Membuat Pertanyaan Demografi Responden
Pertanyaan awal tentang demografi responden, yaitu
1. Jenis Kelamin. Pada Question Type pilih “Choose from a List”
2. Masa Kerja. Pada Question Type pilih “Multiple Choice”
3. Dan seterusnya… seperti informasi seperti bidang kerja, pendidikan, dst.
Pertanyaan awal tentang demografi responden, yaitu
1. Jenis Kelamin. Pada Question Type pilih “Choose from a List”
2. Masa Kerja. Pada Question Type pilih “Multiple Choice”
3. Dan seterusnya… seperti informasi seperti bidang kerja, pendidikan, dst.
Tahap 5. Membuat Pertanyaan Angket
Pertanyaan Kepuasan Kerja terdiri dari beberapa item dengan Question Type pilih “Scale”, yaitu
1. Kepuasan atas gaji
2. Kepuasan pekerjaan itu sendiri
3. Dan seterusnya…
Pertanyaan Kepuasan Kerja terdiri dari beberapa item dengan Question Type pilih “Scale”, yaitu
1. Kepuasan atas gaji
2. Kepuasan pekerjaan itu sendiri
3. Dan seterusnya…
Tahap 6. Menyebarkan Angket
1. Klik Tombol “Send Form”
2. Bisa di-share via social media seperti Facebook
3. Bisa juga melalui email calon responden anda
1. Klik Tombol “Send Form”
2. Bisa di-share via social media seperti Facebook
3. Bisa juga melalui email calon responden anda
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya.
Source : http://stats.fst.unair.ac.id/?p=234
Bagikan artikel ini lewat Twitter!
Tweet
0 Komentar:
Posting Komentar
Silahkan sampaikan komentar Anda di sini. Gunakan dengan bijak ya! :)